Snippet

Penemu Proyektor Sederhana

Berawal dari Lentera 


Ide memproyeksikan gambar pertama kali muncul pada tahun 1420. Saat itu, Johannes de Fontana membuat gambar biksu yang sedang memegang lentera berjendela yang berhiaskan gambar. Cahaya yang membentuk bayangan besar di dinding yang serupa dengan gambar menghias lentera.\

Pada tahun 1645, Athansius Kircher memantulkan sinar matahari dari cermin melalui lensa ke layar. Tahun 1672, Kircher mendeskripsikan penemuannya yang dinamakan "Lentera Ajaib" dalam buku The Great Art of Light and Shadow. Namun ada yang mengatakan "Lentera Ajaib" telah ditemukan oleh Christiaan Huygens sejak tahun 1659.


Christiaan Huygens

Lentera Ajaib mulai berkembang hingga terciptalah proyektor. Salah satu proyektor yang banyak digunakan oleh orang banyak adalah jenis over head projector (OHP). Sejak tahun 1980 - 1990an, OHP sangatlah berperan dalam aktivitas belajar di kelas. Teknologi panel kristal car\ir membuat OHP dapat memproyeksikan gambar berwarna.

Pengembang Proyektor 

Hingga saat ini memeng belum bisa dipastikan siapa kah pencipta proyektor pertama. Namun, Roger Appledorn adalah salah satu orang yang mengembangkan OHP. Saat dia bekerja di Labolatorium departemen Thermo-Fax, Appledorn menemukan teknologi gambar thermographics.

Sayangnya, ide Roger Appledorn tidak didukung oleh perusahaan pemasaran tersebut. Akhirnya Appledorn dan asisten penelitiannya untuk menjual teknologi tersebut sendiri. Sebelum digunakan di sekolah, OHP digunakan oleh polisi untuk tugas identifikasi. Baru pada akhir tahun 1950an hingga awal 1960an, OHP banyak digunakan di perusahaan dan sekolah.

Cara Kerja OHP 

Cara kerja OHP sederhana seperti dalam percobaan sama dengan cara kerja mata. Kedua bohlam yang diisi air berfungsi seperti cermin cekung dan cembung. Sifat cermin cekung menghasilkan bayangan yang tampak terbalik kecuali jika berada di jarak yang sangat dekat, Sementara, cermin cembung menghasilkan bayangan yang tegak tapi lebih kecil.

Cahaya disebarkan oleh bohlaam berisi air yang pertama. Cahaya yang lalu menyinari plastik OHP dan bohlam berisi air kedua akan membiaskan cahaya dan menampilka tulisan dari OHP dipantulkan di layar atau tembok dengan posisi terbalik.

Namun sejak abad ke 18 hingga tahun-tahun setelahnya banyak orang yang terlibat dalam usaha pengembangan lentera menjadi proyektor dan perlengkapannya. Lensa, cermin dan sumber cahayanya yang dapat dihasilkan gambar dapat lebih baik dan jelas.

Referensi Materi  :
My First Cartoonal Encyclope Bee "Amazing Experiments". 2010. Pustaka Lebah.