Snippet

Makanan Enak Asli 100% Indonesia

Hmm... Indonesia memang salah satu negara yang memiliki gugusan pulau terbanyak.  Nah, selain pulaunya yang banyak, kuliner yang tersimpan disetiap wilayahnya juga beragam loh.. Oke kali ini saya akan posting khusus membahas tentang Makanan Enak Asli 100% IndonesiaSo... Check This Out!!!!!!!
1. Rujak Cingur                 
 
Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Jawa Timur tepatnya kota Surabaya. Rasa yang enak juga pedas menambah minat para pemburu kuliner untuk mencoba makanan yang menggoda ini. Rujak cingur dikatakan begitu karena makanan ini memakai "cingur" atau moncong mulut sapi yang sudah direbus. Rujak Cingur biasanya terdiri dari buah-buahan (timun, nanas, mangga muda dll) sayuran kecambah toge, tempe, tahu serta lontong.

2. Rendang Daging            
Nah, siapa sih yang gak tau makanan enak yang satu ini? Yap, ini namanya Rendang Daging. Makanan ini berasal dari pulau Sumatra tepatnya di daerah Padang - Sumatra Barat. Rendang merupakan makanan khas tanah Minang. Rendang ini berbahan dasar daging, santan kelapa, dan bumbu rempah lainnya. Makanan yang bercita rasa agak pedas ini juga dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di Dunia dalam daftar  World's 50 Most Delicious Foods oleh CNN International.

3. Ayam Betutu Bali              
Sesuai namanya, makanan ini berasal dari Pulau Dewata Bali. Betutu sendiri adalah lauk (bebek atau ayam) yang diberi bumbu-bumbu dan dipanggang di atas api sekam. Awalnya Ayam Betutu ini merupakan makanan khas dari derah Gilimanuk dan dimasak apabila terdapat acara upacara adat dan hari besar Bali lainnya. Namun kini, makanan yang bercita rasa pedas ini sudah banyak dijumpai di Resort, Restaurant dan Hotel yang ada di Bali.

4. Nasi Timbel                      
Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang datang dari pulau Jawa bagian barat yaitu suku Sunda. Nasi timbel sendiri dilengkapi dengan berbagai lauk, diantaranya : Ayam Bakar/Goreng, Ikan Asin, Lalapan, Sambal, Tahu Tempe dan Sayur Asam. Umumnya nasi yang digunakan merupakan nasi putih, namun tidak sedikit pula yang memakai nasi merah.

5. Kerak Telor                       
Hmmm... Makanan yang satu ini berasal dari tanah kelahiran saya nih, Yap DKI Jakarta. Kerak telor sendiri merupakan makanan yang memiliki komposisi antara lain, Telur Ayam/Bebek, ebi dan parutan kelapa sangrai, dan bumbu lainnya. Makanan ini dimasak diatas tungku api dan sengaja dimasak hingga bertekstur seperti kerak.

6. Pempek Palembang        
Makanan yang satu ini berasal dari Pulau Sumatra, yap ... Palembang. Pempek merupakan makanan khas yang terbuat dari sagu dan ikan. Maka, tak heran bila makanan ini memiliki tekstur agak kenyal. Pempek sendiri memiliki banyak jenisnya, antara lain : Pempek Kapal Selam (berisi telur), Pempek Lenjer, Pempek bulat, Pempek Kulit Ikan dan lain sebagainya. Makanan yang memiliki rasa gurih ikan ini biasa disajikan bersama kuah cuka, mie kuning atau bihun dan potongan timun.

7. Sate Lilit Bali                
Makanan ini sudah pasti berasal dari Bali. Sate Lilit lah namanya. Makanan ini merupakan salah satu bentuk variasi dari ste-sate yang ada di Indonesia. Sate Lilit sendiri berbahan dasar daging (ayam) giling dan parutan kelapa serta bumbu yang dicampur menjadi satu. Sate Lilit diberi nama seperti itu karena bahan olahan tersebut di lilit atau ditekan sehingga menyatu di seluruh sisi batang serai.

8. Soto Mie Bogor              
Soto mie bogor merupakan nama makanan asal kota hujan yaitu kota Bogor. Makanan ini terdiri dari mie, irisan daging rebus, risol, tomat dan daun bawang, lalu diberi kuah. Umumnya soto ini memiliki rasa yang cukup pedas.

9. Gudeg Jogja                     
Makanan asli Yogyakarta ini merupakan makanan yang berbahan dasar nangka yang dimasak dengan santan  dalam waktu yang cukup lama. Gudeg biasa dinikmati dengan nasi, sayur krecek, telur dan ayam kampung. Terdapat berbagai varian Gudeg, antara lain : Gudeg Basah, Gudeg Kering dan Gudeg Solo. Gudeg dominan memiliki rasa yang manis.

10. Kuah Kuning dan Papeda    
Makanan merupakan makanan khas dari Papua dan Maluku. Papeda sendiri merupakan sagu yang diberi air hangat. Papeda memang sangat cocok dipadu dengan ikan (tongkol, mubara) kuah kuning. Cita rasa yang pedas, gurih pun menambah rasa nikmat yang sangat menggugah selera.

Nah bagi kalian semua yang belum pernah mencicipi makanan tersebut, ayo dong cicipi.. Berburu masakan Indonesia itu gak merugikan kok :)
Oke sampai disini dulu ya bahas tentang Indonesia... See U ^-^ )/

Referensi Online :
http://id.wikipedia.org