Snippet

Mengalah Tak Berarti Lemah



Kali ini gue mau berbagi BOE (Board Of Experience) ke kalian tentang gimana serunya mengalah. Hahaha. Kalau ada yang bilang mengalah itu artinya kita lemah,itu SALAH banget loh. Gak selamanya mengalah itu artinya lemah. Menurut gue, mengalah itu adalah sikap dimana kita telah mengikhlaskan suatu hal yang didedikasikan untuk seseorang.

Mengalah itu memang rasanya berat banget buat dilakukan. Gue punya pengalaman kok tentang mengalah. Jadi waktu itu, gue dan teman-teman sibuk sama naskah drama. Di BOE gue sebelumnya (Berawal Dari Sebuah Opini), gue udah cerita bagaimana sulitnya menyatukan opini. Nah, dari situ gue perlu banget yang namanya ngalah. Gue mencoba buat bikin teman-teman gue nyaman sama naskah drama yang udah disusun. Salah satu caranya adalah dengan cara ikhlas buat MENGALAH. Memang awalnya gue belum bisa ikhlas buat nerimanya. Tapi, lama kelamaan gue berhasil. 

Sebenarnya kita rela kok ngalah cuma buat bikin teman-teman kita senang. Iya kan? kita rela panas-panasan, ujan-ujanan, bertaruh sama mood. Tapi kenapa ya teman-teman kita gak pernah bisa ngerti perjuangan kita. Masih ada aja yang gak terima, yang gak menghargai. Ya kita juga sama-sama tau kalau sebenarnya teman-teman kita dan kitanya sendiri juga udah jenuh banget. Nah, disaat ini lah sikap MENGALAH harus dipakai. Mengalah untuk apa? Mengalah untuk bisa ikhlas dan gak mengungkit-ungkit tentang perjuangan kita. Soalnya kalau kita selalu mengungkit-ungkit, justru itu bisa bikin kita dan teman-teman merasa kalau masing-masing diri kita dan teman-teman adalah yang paling benar. 

Dengan mengalah, kita jadi bisa mengurangi dampak pertengkaran diantara kita dengan teman-teman. Walau berat rasanya, yuk di coba. Yakin deh, kalau udah ikhlas gak bakal nyesel.

Gue sama teman-teman juga gitu kok. Kita saling mengerti dan mencoba mengalah. Walau akhirnya ada yang main jengkel-jengkelan. Hahaha. Gapapa kok, kan cuma sementara. Kalau semuanya udah fix dan lurus, pasti bakal kembali seperti semula kok.

Tapi diingat juga ya, kalau kita gak selamanya harus mengalah. Ada momen-momen tertentu yang menuntut kita harus bisa mengelak dan tegas. Momen tersebut adalah disaat kita memang benar dan memang kita yang lebih baik.

Jadi sebenarnya mengalah itu seru loh. Bisa mengurangi pertengakaran dan bisa mengasah sifat kita agar jadi yang lebih baik lagi. :")